Tim Nasional Sepakbola Piala AFF 2010

Tim Nasional Sepakbola Piala AFF 2010, Target Juara

Kejuaraan sepakbola piala AFF 2010 akan digelar 1 Desember di Indonesia dan Vietnam. Selama ini Indonesia belum pernah sekalipun merasakan gelar juara Piala AFF, dan harus puas hanya tiga kali menjadi runner-up. Tahun ini, Indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah dan harapan untuk menjadi juara untuk meraih piala AFF.

Dalam kejuaraan tersebut Indonesia masuk Grup A, atau grup keras bersama Thailand, Malaysia dan Laos. Thailand sudah melakukan persiapan sejak setahun lalu dengan pelatih asal Inggris, Bryan Robson. Beberapa pemain timnas bertekad akan berjuang sekuat tenaga membela merah putih. Para pemain tidak pernah gentar dengan kekuatan Thailand atau Malaysia. Dalam persiapan mengikuti piala AFf, Indonesia hanya berlatih dalam 3 minggu. Sementara Thailand sudah setahun melakukan persiapan. Kehadiran dua striker handal karena proses natularisasi di antaranya Irfan Bachdim dan Christian Gonzalez. Kehadiran dua pemain tersebut menambah squad Timnas dalam berlaga di Piala AFF.

Daftar Pemain Timnas Indonesia di Piala AFF 2010 sudah secara resmi diumumkan Badan Tim Nasional atau BTN, berisi 30 pemain dari berbagai klub di Indonesia Super League (ISL). 30 pemain ini nantinya akan dikerucutkan lagi menjadi 23 pemain sehari menjelang gelaran Piala AFF 2010 yang mulai berlangsung 1 Desember 2010.

Dari 30 nama pemain, ada beberapa muka baru yang sebelumnya tidak dipanggil dalam pelatnas. Mereka adalah Irfan Bachdim, Octavianus, M Roby, Hariono, Johan Juansah, Hamka Hamzah, dan Christian Gonzales. Gonzales adalah pemain asing yang baru saja menyelesaikan proses naturalisasinya menjadi WNI. Adapun Budi Sudarsono dikabarkan gagal tampil karena cedera, begitupun Boaz Salosa yang dicoret karena dinilai tidak profesional, telat bergabung ke Pelatnas dengan alasan keluarga, karena 2 anaknya sakit.

Kemampuan Fisik
Timnas Indonesia dipastikan tidak akan dihadapkan oleh persoalan fisik pada Piala AFF 2010 pada Desember mendatang. Sebab, tingkat kebugaran fisik Bambang Pamungkas dkk telah meningkat 80 persen hingga 90 persen.

Ketatnya jadwal kompetisi membuat banyak pemain timnas mengalami kelelahan saat melakoni pelatnas terakhir yang digelar sejak 8 November lalu. Bahkan, menurut asisten pelatih, Wolfgang Pikal, ada sekitar delapan hingga sembilan pemain yang mengalami cedera. Fisik pemain juga tidak akan terkuras meskipus harus melakoni laga uji coba pada pekan ini. Laga uji coba bagus untuk menunjang fisik pemain. Kami sebisa mungkin tetap menjaga ketahanan fisik 17-22 pemain terutama pemain inti.

http://mediaanakindonesia.files.wordpress.com/2010/11/indonesia.jpg?w=478&h=358

Berikut daftar pemain timnas yang akan berlaga di Piala AFF 2010

  • Kiper: Markus Horison, Ferry Rotinsulu, Kurnia Meiga, Made Wirawan
  • Bek: Zulkifli, Benny Wahyudi, Ricardo Salampessy, Nova Arianto, Maman Abdulrahman, Hamka Hamzah, Yesaya Desnam, M Roby, M Nasuha, Slamet Riyadi
  • Gelandang: M Ridwan, Arif Suyono, Toni Sucipto, Firman Utina, Eka Ramdani, Ahmad Bustomi, Hariono, Johan Juansyah, Oktovianus Maniani, Octavianus
  • Penyerang: Christian Gonzales, Irfan Bachdim, Bambang Pamungkas, Yongky Aribowo, Dendi Santoso

Kaus Timnas Ramah Lingkungan

Nike mempersembahkan kostum timnas yang ramah lingkungan untuk dikenakan saat Piala Suzuki AFF 2010. Tiap kaus berbahan poliester yang mendaur-ulang 8 botol plastik. Untuk membuat kostum timnas 2010, pemasok kain untuk Nike mengumpulkan botol plastik bekas dari berbagai tempat dan melelehkannya untuk menghasilkan benang baru untuk dianyam menjadi bahan kaus.

Proses ini menghemat bahan dasar dan mengurangi konsumsi energi hingga 30% jika dibandingkan dengan pembuatan dari bahan dasar baru. Dengan menggunakan bahan poliester daur-ulang untuk kostum nasionalnya, Nike berhasil mengurangi limbah poliester yang akan dibuang ke TPA di seluruh dunia. Kostum timnas ini merupakan langkah penting dalam usaha menjadikan produk Nike lebih ramah lingkungan. Dengan menggunakan poliester daur-ulang untuk koleksi kostum timnas barunya, Nike telah mengambil peran aktif dalam usaha pelestarian lingkungan dengan mengumpulkan sekitar 5 juta ton botol plastik bekas untuk didaur-ulang.

Untuk kostum timnas Indonesia, desain digabungkan dengan inspirasi budaya dalam negeri yang menjadi acuan dalam pembuatan konsep kostum ini. Bhinneka Tunggal Ika menjadi desain inspiratif dalam penentuan pesan yang memotivasi timnas dalam bertanding dan dicantumkan di dalam desain. Tulisan Bhinneka Tunggal Ika dapat ditemukan dibalik Lambang Garuda pada sisi kanan depan seragam. Logo sayap Garuda di bagian leher dalam melambangkan lambang negara sekaligus cermin identitas bangsa

http://www.pssi-football.com/id/image/kostum.gif

Artikel terkait lainnya

Supported By :

Sandiaz Yudhasmara

KORAN ANAK INDONESIA, Yudhasmara Publisher

“PUPUK MINAT BACA ANAK DAN REMAJA INDONESIA SEJAK DINI”. Membaca adalah investasi paling kokoh bagi masa depan perkembangan moral dan intelektual anak. “SELAMATKAN MINAT BACA ANAK INDONESIA”.

Jl Taman Bendungan Asahan 5 Jakarta PusatPhone : (021) 70081995 – 5703646

email : judarwanto@gmail.com http://mediaanakindonesia.wordpress.com/

     

    Copyright 2010. Koran Anak Indonesia  Network  Information Education Network. All rights reserved

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Berita Terkini, Olahraga Modern-Prestasi dan tag . Tandai permalink.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s