Kongres PSSI Dibatalkan, Pro-revolusi Kuasai Pertemuan

Tampaknya kisruh di tubuh PSSI semakin kelihatan nyata dan sulit diperbaiki lagi. Hal ini terbukti dengan pembatalan Kongres PSSI Pemilihan Komite Pemilihan dan Komite Banding Pemilihan di Hotel The Premiere, Pekanbaru, Riau, Sabtu (26/3) malam akibat terjadi situasi tidak kondusif dalam rapat. Meski Kongres PSSI dibatalkan, peserta Pro-revolusi kuasai pertemuan dan berhasil membentuk Komite Pemilihan dan Komite Banding

Kericuhan Kongres PSSI tersebut diawali ketika pemilik suara yang tergabung dalam Komite Penyelamat Persepakbolaan Nasional (KPPN) mendesak masuk ke lokasi kongres, namun dihalang-halangi oleh pasukan keamanan yang diturunkan panitia.

Sehingga terjadi situasi panas dan aksi dorong. Ketika pintu ruang lokasi kongres terbuka seluruh pemilik suara yang mengklaim dirinya sah untuk mengikuti kongres langsung menduduki kursi yang telah disiapkan.

Saat peserta sudah masuk ke lokasi kongres, belum ada satupun pihak pengurus PSSI selaku pelaksana kongres duduk di depan peserta kongres yang ada.

Para peserta itu enganggap adalah pemilik suara sah PSSI. Untuk klub yang punya hak adalah Ketua dan Sekretaris,. Peserta yang datang dari pengurus provinsi PSSI, klub Indonesia Super League (ISL), Divisi Utama, Divisi I hingga Divisi III, tetap bertahan di lokasi kongres, meski belum satupun petinggi PSSI tiba di lokasi kongres

Saat sedang ditunggu kabar pembatalan kongres PSSI itu dilakukan oleh Sekretaris Jenderal PSSI, Nugraha Besoes setelah melakukan rapat antara Komite Eksekutif PSSI, AFC dan FIFA di VIP Bandara Sultan Syarif Kasim II sekitar pukul 20.15 WIB. Pembatalan itu terjadi setelah peserta pro-revolusi sepak bola menguasai kongres PSSI, situasi sangat panas dan tidak kondusif. Tamu dari FIFA diwakili oleh Frank Van Hattum sedangkan tamu AFC diwakili JC Mutiah,

Hasil rapat tersebut akhirnya menyatakan pembatalan kongres karena melihat perkembangan situasi di tempat kongres yang tidak kondusif lagi untuk menggelar kongres. Keadaan ricuh itu dianggap mengancam masalah keamanan dan keselamatan peserta. Sehingga FIFA dan AFC mengatakan bahwa kongres tidak bsia dilanjutkan..

Rapat pembatalan kongres itu dilakukan oleh Pengurus PSSI diwakili oleh Ketua Umum Nurdin Halid, Wakil Ketua Umum Nirwan Bakrie, dan Nugraha Besoes sendiri. Sedangkan perwakilan AfC, diwakili Sekjen AFC, Alex Soosay dan Legal Departemen AFC, Lazarus. Dan dari FIFA, Anggota Komite Asosiasinya Frank van Hattum dan Jay Singh M. Setelah pertemuan darurat itu dilakukan para peserta rapat seperti Nurdin, Nirwan, pengurus AFC dan FIFA langsung terburu-buru terbang ke Jakarta menggunakan pesawat pribadi milik Nirwan bakrie.

Diambil alih

Setelah pembatal itu dilakukan sekretaris jenderal PSSI, serta merta sebagian besar peserta kongres PSSI mengambil alih jalannya kongres dengan agenda pemilihan Komite Pemilihan dan Komite Banding Pemilihan pengurus PSSI periode 2011-2015 di Hotel Premiere Pekanbaru, Sabtu. Pengambilalihan kongres dilakukan setelah anggota EXCO PSSI Bernard Limbong menyerahkan secara sah kepada pemilik suara yang dinilai telah quorum atau lebih dari dua pertiga dari pemilik suara.

Kongres tersebut tetap berjalan sesuai dengan agenda dengan melakukan pemilihan Komite Pemilihan dan Komite Banding.

Sekitar 78 dari 100 pemilik suara menganggap mempunyai hak penuh atas PSSI. Pemilik suara yang sah telah memutuskan kongres tetap berjalan sesuai agenda yang ada..

Sebelum terjadi pengambilalihan pelaksanaan kongres sempat terjadi kericuhan karena banyak pemilik suara tidak diperbolehkan masuk ke lokasi kongres. Setelah terjadi aksi dorong akhirnya semuanya bisa masuk ke lokasi kongres. Panasnya situasi tersebut tidak berlangsung lama setelah semua pemilik suara masuk ke lokasi kongres dan melaksanakan agenda yang telah ditetapkan.

Setelah kongres diambil alih, ternyata dapat menghasilkan Komite Pemilihan dan Komite Banding Pemilihan pengurus PSSI periode 2011-2015. Hasil tersebut dilakukan melalui kongres yang demokratis dan tidak disertai kekisruhan seperti sebelumnya.

Komite Pemilihan yang berhasil dibentuk oleh pemilik suara adalah :

Ketua : Harbiyansah Hanifah
Wakil Ketua : Wisnu Wardhana
Sekretaris : Hadiyandra

Anggota : M. Yasin
: Dirk Soplanit
: Usman Pakaubun
: Erizal Anwar

Komite Banding :
Ketua : Ahmad Riyadh
Wakil Ketua : Umuh Muchtar
Anggota : Rio Dinamore
Anggota Pengganti : Muchdar
: Abdulah Palla.

Pembentukan Komite Pemilihan dan Komite Banding yang dilakukan para peserta tersebut sampai saat ini masih belum diketahui keabsahannya. Hal itu dimungkinkan karena PSSI beserta tamu dari AFC dan FIFA sebelumnya telah menyepakati pembatalan kongres PSSI. Kepastian sah tidaknya hasil kongres tersebut akan menunggu keputusan FIFA berikutnya.

Supported By :

http://t0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcR6YmYb-hui0xP9f-qqBB_K64r-8VBm1tFHJQcztlW4hvtQ7V37Xw

KORAN ANAK INDONESIA, Yudhasmara Publisher

“PUPUK MINAT BACA ANAK DAN REMAJA INDONESIA SEJAK DINI”. Membaca adalah investasi paling kokoh bagi masa depan perkembangan moral dan intelektual anak. “SELAMATKAN MINAT BACA ANAK INDONESIA”.

Jl Taman Bendungan Asahan 5 Jakarta PusatPhone : (021) 70081995 – 5703646

email : judarwanto@gmail.com http://mediaanakindonesia.wordpress.com/

Copyright 2011. Koran Anak Indonesia  Network  Information Education Network. All rights reserved

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Berita Terkini, Olahraga Modern-Prestasi dan tag , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Kongres PSSI Dibatalkan, Pro-revolusi Kuasai Pertemuan

  1. Terus gelorakan revolusi PSSI. Berikut ini kisah-kisah menegangkan di balik kisruh kongres PSSI ini: http://menangislah.wordpress.com/2011/03/27/aksi-aksi-dramatis-dalam-kisruh-kongres-pssi/

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s