Tes terkini, Jenis Kelamin Janin Ditentukan Saat 7 Minggu

laki 3D Melihat jenis kelamin dengan pemeriksaan USG

Dari penelitian terkini telah ditemukan cara identifikasi  jenis kelamin bayi dengan tes darah saat usia kehamilan tujuh minggu.  Penelitian yang dipubikasikan dalam Journal of American Medical Association tersebut telah mengamati terhadap 57 DNA janin dari sekitar 6.500 ibu hamil. Hasil dari tes analisis DNA janin dalam darah sang ibu, jika kromosom Y hadir, ia akan memiliki anak laki-laki. Jika tidak, berarti janin itu adalah perempuan.    

Hasil penelitian ini bisa membantu orang tua yang khawatir tentang penyakit yang berkaitan dengan gender. Tes ini juga bisa disalahgunakan orang lain khususnya dalam tindakan aborsi anak yang tidak mengiinginkan jenis kelamin tertentu. Di negara tertentu seperti China atau India, janin yang diketahui berkelamin perempuan kerap digugurkan karena mereka lebih memilih anak laki-laki. Peneliti berharap, saat penggunaan tes tersebut nantinya harus terlebih dahulu meminta orang tua untuk menandatangani surat pernyataan yang menyatakan bahwa mereka tidak akan menggunakannya untuk tujuan aborsi

Hasil pemeriksaan darah tersebut bermanfaat bila terjadi adanya janin yang berpenyakit  langka, yang berkaitan dengan gender kelainan genetik, seperti kelainan otot Duchenne pada anak laki-laki atau sindrom Turner pada anak perempuan.  Setelah mengetahui  jenis kelamin janin sejak dini selanjutnya dapat menentukan apakah mereka perlu menjalani tes genetik selanjutnya bila diperlukan.

Penentuan USG

girl 2 d Melihat jenis kelamin dengan pemeriksaan USG

Saat ini penentuan jenis kelamin dapat dilihat dengan pemeriksaan USG paling awal pada usia kehamilan 12-14 minggu. Semakin besar janin semakin mudah memeriksa jenis kelamin janin. Visualisasi jenis kelamin tergantung beberapa faktor seperti : posisi janin, jumlah air ketuban, ketebalan dinding perut ibu. Umumnya pada usia 22-24 minggu jenis kelamin lebih mudah ditentukan. Pemeriksaan jenis kelamin janin terkadang tidak bisa dipastikan. Maka ada dokter atau rumah sakit yang menolah memberitahukan jenis kelamin janin. Janin laki-laki dapat ditentukan dengan tampak gambaran skrotum, testis bahkan penis.Semakin besar usia kehamilan semakin jelas dan mudah melihatnya. Penting untuk diperiksa adalah telah turunnya testis pada skrotum pada kehamilan trimester terakhir.

boy 2d Melihat jenis kelamin dengan pemeriksaan USG

Janin perempuan tidak bisa ditentukan dari tidak adanya skrotum atau penis, tetapi harus dicari gambaran 3 garis pada daerah genitalia (atau kadang seperti gambaran hamburger. Dengan kemajuan teknologi USG 3D/4D melihat jenis kelamin menjadi lebih tepat. Walaupun tidak selalu mudah mendapatkan gambaran yang baik karena usia kehamilan, posisi janin, jumlah cairan ketuban dan ketebalan perut ibu.

 

 

 

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Berita Terkini, Kesehatan dan tag , . Tandai permalink.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s