Video dan Foto Detik-Detik Terakhir Misteri Kematian Khadafi

Perdana Menteri Interim Libya Mahmoud Jibril  Jumat (21/10/2011), secara resmi telah menyatakan bahwa pemimpin Libya Muammar Khadafi telah meninggal dunia. Meski tewasnya Kadafi sudah dapat dipastikan tetapi informasi penyebab kematiannya masih simpang siur. Berbagai sumber berita menyebutkan cerita yang berbeda. Berbagai laporan menyebutkan perbedaan misteri detik-detik kematian Khadafi.

Terdapat berbagai versi detik-detik terakhir kematian Kadhafi. Ada yang menyebut Khadafi tewas karena serangan udara NATO yang menghentikan konvoi lima mobil yang hendak membawa ayah Saif al-Islam dan orang-orang dekatnya keluar dari Sirte. Pemberitaan lain menyebutkan, Khadafi ditembak mati karena berusaha melarikan diri saat rumah persembunyiannya di Sirte digerebek. Ada yang menyatakan dia tertembak dan dirawat di rumah sakit di Misrata, kota di sebelah barat Sirte.  Tapi, banyak juga yang memastikan dia tewas tertembak di kaki, perut, dan kepala di dalam terowongan.

Setelah tewas, jasad Qadhafi dibawa ke  Misrata oleh lawan-lawan politiknya. Rekaman video menunjukkan, tentara Dewan  Transisi Nasional (NTC) membawa tubuh Qadhafi yang terluka dan berlumuran darah,  tidak lama sebelum ia meninggal. Gambar-gambar berikutnya menunjukkan tubuhnya  dengan luka tembak yang jelas pada kepala.

Khadafi dibawa dengan ambulans dari Sirte, tubuhnya dibawa ke sebuah masjid di Misrata. Khadafi tewas di tangan tentara revolusioner. Dari tayangan televisi Al Jazeera, Kamis (20/10/2011), tampak pasukan itu menyeret mayat Khadafi yang berlumur darah. Tayangan itu menunjukkan mayat Khadafi yang bertelanjang dada dengan bagian muka yang berlumuran darah. Terdapat lubang luka tembakan di samping kepalanya. Sebelumnya, sebuah foto yang berasal dari jepretan displat kamera video juga beredar luas. Foto tersebut ditayangkan oleh sejumlah stasiun televisi asing. Pejabat senior NTC Abdel Majid Mlegta menyatakan telah dilakukan tes DNA dan memastikan itu adalah Khadafi. Ia akan dikebumikan Misrata dan dilakukan dengan cara Islam.

Sebelum shalat subuh pada hari Kamis, Gaddafi dikelilingi oleh beberapa lusin pengawal setia dan disertai oleh Abu Bakr Younis Jabr, kepala pasukannya yang turut tewas. Kaum revolusioner telah menguasai Sirte melalui pertempuran senjata yang sengit.

Khadafi melarikan diri menuju barat dalam konvoi bersenjata 15 truk. Namun belum jauh berjalan, bom salah satu pesawat NATO menghantam konvoi dekat Sirte pada sekitar 08.30 pada hari Kamis. Khadafi terluka setelah konvoinya di bom oleh pesawat udara NATO, kemudian pasukan NTC mendatangi dan menemukan khdafi masih dalam keadaan hidup.

Pengawal Muammar Qadhafi telah membocorkan tempat persembunyian Presiden Libya itu, sehingga pejuang Dewan Transisi Nasional dengan mudah menangkapnya. Qadhafi
kemudian tewas Kamis siang lalu di Sirte dengan luka tembak di dada, kaki, dan
kepala.Terbongkarnya persembunyian Khadafi itu diungkapkan oleh Salem Bakeer, salah seorang pejuang Dewan Transisi. Saat itu, pasukannya tengah mengejar tentara Qadhafi yang kocar-kacir  diserang pesawat NATO pada Kamis, sekitar pukul 08.30. Sebanyak 15 kendaraan  hancur, 50 anggota pasukan Qadhafi tewas, dan sebagian yang lain bersembunyi, termasuk Qadhafi serta beberapa pengawalnya.

Dalam pengejaran itu, terjadi baku  tembak. Tiba-tiba, salah seorang pengawal keluar melambaikan senapan ke udara  dan berteriak menyerah. “Dia berteriak, ‘Tuanku ada di sini! Tuanku ada di  sini!'” ucapnya. “Kami pun masuk dan keluar membawa Qadhafi.”

Televisi berita al jazira melaporkan nampak pasukan NTC menyeret khadafii di jalanan dan khadafi tampak sangat lemah namun terlihat masih hidup. Beberapa saksi mata menyatakan, Khadafi masih hidup, bahkan bisa berjalan kendati berlumuran darah, saat ditangkap. Sebelum akhirnya khadafi mati ditembak. Kesaksian mengatakan Khadafi bersembunyi di gorong-gorong sebelum ditemukan oleh pasukan pemberontak. Ketika ia dibawa ke mobil, telah terjadi tembak menembak antara pasukan pro dan kontra Khadafi dan peluru nyasar dan mengenai perut dan bagian kepala Khadafi.

Rekaman video amatir yang diunggah ke YouTube (20/10) itu sungguh sadis dan tidak berperikemanusiaan. Pemimpin Libya itu, wajahnya berlumuran darah diseret dengan mobil dalam keadaan masih hidup dan dikerumuni pria bersenjata.  Sebagian di antara mereka mendorong, menjambak, dan memukul hingga akhirnya Khadafi yang wajahnya babak belur tersebut hilang dari layar. Tak lama kemudian, terdengar rentetan tembakan. Diduga kuat, si pria itu tewas karena berondongan peluru tersebut.

Berita lain menyebutkan Khadafi sempat memohon untuk tidak ditembak ketika dirinya dipaksa keluar dari pipa drainase tempat dirinya bersembunyi. Peristiwa penembakan Khadafi bermula ketika pasukan pemberontak mengejar Khadafi dan rombongannya yang mencoba kabur dari Kota Sirte, kampung halaman Khadafi, dalam iring-iringan kendaraan jeep. Saat itulah serangan udara Prancis diarahkan ke rombongan Khadafi. Namun Khadafi berhasil lolos dan bersembunyi dalam pipa drainase besar. Salah seorang komandan tempur Dewan Transisi Nasional (NTC) Mohammed Leith menuturkan, Khadafi berada di salah satu jeep ketika para pemberontak menembaki kendaraan tersebut. Qadhafi bersembunyi di lubang drainase berdiameter 1 meter. Dari gorong-gorong penuh sampah dan pasir inilah, sang kolonel berteriak, “Jangan  tembak! Jangan bunuh saya, Anakku!” Ia keluar dari lubang itu dengan luka tembak di kaki dan bahu.

Tempat persebunyian terakhir Khadafi di dalam tembok gorong-gorong saluran drainase itu terpampang grafiti berbahasa Arab dalam warna  biru bertulisan, “Ini adalah tempat Qadhafi, si tikus. Allah Mahabesar.” Grafiti  ini membalikkan ucapan Qadhafi beberapa bulan lalu, yang bertekad akan membasmi “tikus-tikus pengkhianat” Libya

Pemimpin Lybia itu ditangkap dari tempat persembunyiannya di selokan. Berbagai media massa internasional, Kamis (20/10), melaporkan Khadafi tewas tertembak saat pasukan pemberontak menyerang lokasi persembunyiannya di Sirte. Kepala dan kakinya diberondong peluru oleh pasukan Dewan Transisi Nasional (NTC). Pada saat kejadian ia tengah berusaha mengamankan diri dari serangan udara pasukan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

Sumber lnformasi lain di Dewan Transisi Nasional mengungkapkan Qadhafi ditembak mati oleh seorang pemuda berusia 17 tahun dengan menggunakan pintol revolver berlapis
emas miliknya. Pistol itu ditemukan para pemberontak setelah mereka menguasai
kompleks kediaman Qadhafi di Bab al-Aziziyah, Ibu Kota Tripoli, akhir Agustus
lalu.  Namun NTC menegaskan akan tetap merahasiakan nama pembunuh Qadhafi. “Ia warga Libya, masih di bawah umur, sehingga tidak dapat diadili. Ia seorang pahlawan,” katanya seperti dilaporkan the Daily Mail, Sabtu, 22 Oktober 2011

Khadafi tewas dengan luka tembak di kepala dan kakinya. Sebuah video saat Khadafi terluka ditayangkan Al Jazeera. Khadafi dengan berlumuran darah di wajahnya terlihat masih hidup. Tubuhnya yang sudah lemah diseret sejumlah tentara. Khadafi sempat memohon kepada tentara revolusioner agar tidak ditembak. “Jangan tembak. Jangan tembak!”. Khadafi yang terluka tampak bingung. Ia pun menanyakan ke tentara yang menawannya. “Apa yang sudah saya lakukan kepada kalian”.

Cuplikan video itu juga memperlihatkan Khadafi yang didorong ke sebuah mobil. Dan seseorang menghantamkan sebuah pistol ke kepala Khadafi, Jumat (21/10). Sementara itu, video yang lain menunjukkan tubuhnya yang berlumuran darah diseret melalui jalan-jalan kota kelahirannya, Sirte. Khadafi tampak bertelanjang dada.

Menurut harian The Telegraph, dalam tayangan video amatir berdurasi 21 detik menunjukkan Khadafi cedera berat namun tampak masih bisa berdiri. Tidak dapat dipastikan apakah dia saat dalam kondisi sekarat atau sudah tak bernyawa.  Ini diawali dengan tayangan saat Khadafi tergeletak di bak mobil Toyota pickup, dikelilingi para pemberontak sambil mengacungkan pistol mereka ke arah kepala Khadafi. Beberapa detik kemudian, dengan kaki telanjang, Khadafi berjalan sempoyongan beberapa langkah sambil dikelilingi para pejuang NTC, yang berseru “Allahu Akbar.”

Tayangan video itu berakhir saat Khadafi tampak membuka mulutnya, seolah-olah ingin berkata, sambil mengangkat tangan kanan ke arah wajah. Keterangan resmi dari NTC menyatakan bahwa Khadafi terluka di kedua kaki dan tertembak di kepala saat berupaya melawan dari penangkapan.

Namun, dalam tayangan video itu, tidak ada tanda-tanda darah pada celana panjangnya. Kalangan media belum bisa memastikan akurasi tayangan video itu, yang sudah diunggah ke laman YouTube.

Perlakuan cukup kejam terhadap khadafi yang dilakukan oleh  para pasukan NTC ini mungkin dikarenakan khadafi selama ini yang cukup kejam dalam beberapa hal kepada rakyatnya. seperti kita ketahui selain kekayaan keluarga yang mencolok mata, juga ada penggunaan senjata berat terhadap warga libya yang sedang demonstrasi beberapa waktu lalu berbarengan denagn demo di mesir dan Tunisia.

Amnesty International Desak NTC Jelaskan Kematian QaddafiNamun berita lain menyebutkan pemerintahan transisi di Libya menegaskan bahwa Muamar Khadafi tewas akibat baku tembak antara pejuang Dewan Transisi Nasional (NTC) dengan kelompok pro-Khadafi. Penjelasan itu muncul di tengah spekulasi di media massa bahwa diktator yang telah 42 tahun memerintah Libya itu tewas akibat dieksekusi atau dianiaya.  Menurut stasiun berita BBC, Perdana Menteri sementara Mahmoud Jibril memberi penjelasan beberapa jam setelah Khadafi diberitakan tewas di Sirte, Kamis waktu setempat. Kata Jibril, Khadafi sempat ditangkap hidup-hidup namun menghembuskan nafas terakhir sebelum sampai ke rumah sakit.  “Kami telah menunggu sejak lama momen ini. Muammar Khadafi telah terbunuh,” kata Jibril. Khadafi, kata Jibril, mengalami luka tembak di kepala di tengah pertempuran antara para loyalis Khadafi dengan pasukan NTC.  “Kami bisa memastikan jika semua iblis termasuk Khadafi, sudah hilang dari negeri yang kita cintai,” demikian disampaikan Jibril di Tripoli saat tubuhnya dibawa ke Misrata, kota tempat perlawanan kaum pemberontak anti-Khadafi.

Sementara itu Perdana Menteri Libya, Mahmoud Jibril, seperti dilansir CNN, Jumat (21/10/2011) memberikan informasi kronologis detik-detik terakhir tewasnya pemimpin besar Libya itu.

  • Setelah mengambil alih kota Bani Walid pada awal pekan ini, pasukan Dewan Transisi Nasional Libya mengalihkan perhatian mereka ke kota Sirte.
  • Jet tempur Prancis dan sebuah pesawat tak berawak menembakkan rudal Hellfire. Namun seorang pejabat mengatakan bahwa Khadafi selamat dari serangan.
  • Sekitar tengah hari pada Kamis, pejabat Dewan Transisi Libya mengumumkan bahwa para pejuang mereka telah menguasai Sirte.
  • Pada siang harinya, Khadafi ditangkap hidup-hidup dan dalam kondisi sehat di Sirte. Dia tidak melalukan perlawanan ketika ditangkap.
  • Pada saat ditangkap, Khadafi mengenakan kaos dan celana panjang sambil membawa pistol.
  • Ketika hendak dibawa dipindahkan ke dalam kendaraan yang akan membawanya ke Misrata, Khadafi ditembak di lengan kanan.
  • Pasukan Dewan Nasional Transisi memasukkan Khadafi ke dalam kendaraan. Terjadi baku tembak antara pasukan dewan dan pasukan loyalis Khadafi.
  • Terperangkap dalam baku tembak tersebut, Khadafi ditembak di kepala. Khadafi meninggal beberapa saat sebelum tiba di rumah sakit.
  • Di rumah sakit, diambil sampel DNA yaitu darah dan air liur. Kemudian dinyatakan bahwa orang yang tewas tersebut adalah Khadafi.
  • Dewan perwakilan Libya memberitahukan kabar tersebut kepada Mahkamah Pidana Internasional, yang mendakwa kejahatan perang Khadafi. Setelah mengirim foto dan laporan dari seorang ahli forensik, pengadilan memberikan izin kepada pihak berwenang di Libya untuk menguburkan Khadafi.
  • Setelah pasukan istirahat pada Kamis sore, kerumunan orang di seluruh Libya bersorak-sorak dan larut dalam perayaan kematian Khadafi

Video khadafi tewas ini tersiar begitu cepat, tetapi   gedung putih tidak serta merta mengkonfirmasi kematian khadafi mengingat  beberapa kali tewasnya khadafi ini ternyata tidak benar, barulah setelah 6 jam  dari kabar yang disampaikan oleh NTC, presiden obama mengadakan jumpa pers, dan dalam pidatonya menyebut kematian khadafi.

Konfirmasi kematian Khadafi ini memicu puluhan ribu warga turun ke jalan untuk merayakannya. Tembakan perayaan terdengar di ibukota, Tripoli dan mobil-mobil membunyikan klaksonnya. Sejumlah warga yang berkumpul saling memeluk satu sama lain.

Hasil Otopsi

Tim dokter forensik telah menyelesaikan otopsi atas jenazah mantan pemimpin Libya, Muammar Qaddafi.  Dr Othman el-Zentani, pimpinan patolog yang mengotopsi jenazahnya menyebut ia meninggal karena luka tembak di kepala. Beberapa luka tembak juga ditemukan di bagian tubuh lain, namun tak semematikan tembakan di kepala. Dikter forensik itu tidak mengungkapkan apakah luka di kepala itu akibat baku tembak atau dari jarak dekat – pertanyaan kunci yang telah mendorong PBB dan kelompok hak asasi manusia internasional menyerukan penyelidikan tentang saat-saat terakhir orang kuat Libya itu hidup. Dokter melakukan autopsi di rumah sakit Misrata di hadapan pejabat dari kantor kejaksaan. Otopsi juga dilakukan pada tubuh putra Qaddafi itu, Mutassim, dan mantan menteri pertahanannya, Abu Baker Yunis. Tidak ada pejabat asing atau independen yang hadir, kata el-Zentani. Laporan otopsi dibawa ke kantor Jaksa Agung sebelum dirilis ke publik, katanya.

Jasad Khadafipun tak segera dimakamkan, tapi justru dipamerkan di tengah Kota Misrata, Sabtu, 22 Oktober 2011. Jasad Kadhafi diletakkan di atas kasur,  dalam lemari pendingin sebuah toko daging tua di pusat belanja Kota Misrata.  Jasad itu jadi tontonan warga Libya yang mampir ke pusat belanja. Warga mengantre ingin melihat jasad
itu. Para pengunjung mengambil foto atau video jasad pemimpin mereka. Satu rekaman video menunjukkan warga  Libya berpose dengan jasad itu. Di luar, sejumlah warga Libya berteriak, “Allahu Akbar.” Seorang laki-laki mengatakan jenazah Qadhafi tampak
“sedikit menakutkan.” Dalam lemari es itu, jasad Qadhafi  tampak masih berlumuran darah. Qadhafi tampak mengenakan celana berwarna  cokelat, tanpa baju. Tampak juga lubang peluru di bagian kiri kepalanya dan satu  lagi di tengah dada. Letak kepala Kadhafi telah berubah ke arah kanan. Sehingga menyebabkan lubang peluru yang terlihat pada sisi kiri wajahnya yang terletak dekat dengan telinga, menjadi tidak dapat terlihat. Selain luka-luka bekas peluru dapat dilihat di dada dan di atas lengan kirinya. Bekas sisa bubuk peluru di sekitar luka tersebut menunjukkan bahwa Kadhafi tertembak dalam jarak dekat. Bekas lubang peluru di kepala kadhafi dan luka-luka lainnya di tubuh lainnya dapat membantu memecahkan teka-teki mengenai sebab terbunuhnya, Lainnya memperkirakan Qaddafi dibunuh oleh anggota Dewan Transisi Nasional (NTC) saat penangkapan berlangsung.

Seharusnya, Qadhafi dimakamkan Jumat, 21  Oktober 2011. Sebelumnya, ada rencana bahwa bekas penguasa Libya itu dimakamkan  di Misrata dengan tradisi Islam. Namun Menteri Informasi NTC Mahmoud Shammam  mengatakan, saat ini para pejabat NTC tengah berdebat dalam rangka menentukan  tempat pemakaman Qadhafi.

Komandan pasukan NTC dari Misrata,  Bashir Ali, mengatakan, Qadhafi akan dimakamkan di tempat rahasia demi  menghindari serangan balas dendam. “Qadhafi sudah menyiksa banyak orang dan  banyak warga Libya ingin mencari jasadnya. Kami harus memastikan makam Qadhafi  tidak akan ditemukan warga,” ujar Bashir.

Video Muammar Khadafi :

  • Video Gaddafi killed exclusive video
  • Muammar Gaddafi Speech To United Nations Sept 23, 2009
  • Khadafi Supernews
  • Libya – Children Song

Artikel Terkait:

  • Hari-hari Terakhir Khadafi Dalam Pelarian, Stress dan Emosional
  • Video dan Foto Detik-Detik Terakhir Misteri Kematian Khadafi
  • Muammar Khadafi Pemimpin Revolusi Libia Yang Fenomenal
  • Anak Isteri Khadafi, Nasibnya Dulu dan Saat ini
  • Inilah Surat Wasiat Kadhafi Sebelum Tewas Tertembak
  • Kekayaan Kadhafi, Ditengah Timbunan Emas Hitam Libya
  • Khadafi dan Pemimpin Tirani Otoriter Militer Dunia Lainnya
  • Khadafi Dialihaksarakan Dalam 71 Nama
  • Inilah Kekuatan Kapal Perang “Koalisi” Yang Mengguncang Libya
  • 40 Dayang Militer Perawan Cantik Selalu Kawal Khadafi
  • Muammar Khadafi Pemimpin Revolusi Libia Yang Fenomenal
  • Berbagai jenis Pesawat Tempur Paling Canggih Di Era modern
  • Kehebatan Militer Koalisi Nato Yang Menggempur Libya

Berbagai Artikel Teknologi Perang dan Militer

  • Dahsyatnya Rudal Tomahawk, Yakhont dan Exocet
  • Rudal Tomahwak, Canggih dan Mematikan
  • Eurofighter Typhoon, Pesawat Tempur Terhandal Di Era Modern
  • Pesawat Intai Alat Mata-Mata Dalam Pertempuran Modern
  • Pesawat Tempur Multifungsi, Standard Perang Era Modern
  • Bomber, Pesawat Pengebom Yang Paling Ditakuti Musuh
  • Mig-29 Pesawat Tempur Sovyet Dengan Segala Kehebatannya
  • F-22 Raptor, Pesawat Tempur Paling Hebat di Era Modern
  • F-35 Lightning, Pesawat Canggih di Era Modern
  • F-14 Tomcat, Pesawat Tempur Yang Pernah Jadi Kebanggaan Amerika
  • Berbagai jenis Pesawat Tempur Paling Canggih Di Era modern
  • F/A-18 Hornet, Pesawat Tempur Canggih Yang Banyak Dipakai Negara Maju
  • Negara Di Dunia Pengguna Senjata Nuklir
  • Kenaikan Gaji 1 Juta TNI, Polri dan Departemen Lain Lewat Remunerasi Prajurit Yang Paling Hebat di Dunia
  • Marinir, Pasukan Elit dan Kebanggaan TNI Angkatan Laut
  • Daftar Negara Penghasil senjata Bom Nuklir
  • Senjata Fosfor, Senjata Pemusnah Masal Israel Ilegal Melanggar Konvensi Jenewa
  • Dahsyatnya Senjata Nuklir , Mengancam Kelangsungan Hidup Manusia
  • Kekuatan Armada Kapal Perang Indonesia
  • Kapal Induk, Alat Perang Yang Sangat Diandalkan
  • USS George Washington, Kapal Induk Amerika Paling Hebat
  • Konflik Korea Utara dan Selatan, Perang Diambang Mata —
  • Kumpulan Artikel Teknologi Komputer, Transportasi, Elektronika, Internet dan Teknologi Perang
  • Eurofighter Typhoon, Pesawat Tempur Terhandal Di Era Modern
  • Pesawat Intai Alat Mata-Mata Dalam Pertempuran Modern
  • Pesawat Tempur Multifungsi, Standard Perang Era Modern
  • Bomber, Pesawat Pengebom Yang Paling Ditakuti Musuh
  • Berbagai jenis Pesawat Tempur Paling Canggih Di Era modern
  • F/A-18 Hornet, Pesawat Tempur Canggih Yang Banyak Dipakai Negara MajuProvided By:

    INDOLINE – Indonesia Online

    Lebih baik memilih menyalakan lilin daripada mengutuk kegelapan. Majukan Indonesia Dengan inspirasi positif. “PUPUK MINAT BACA ANAK DAN REMAJA INDONESIA SEJAK DINI”. Membaca adalah investasi paling kokoh bagi masa depan perkembangan moral dan intelektual anak. “SELAMATKAN MINAT BACA ANAK INDONESIA”.

    Editor In Chief : dr Widodo Judarwanto SpA. Grand Editor: Audi Yudhasmara. Editor: Sandiaz Yudhasmara, Betanandya AndikaAddress: Jl Taman Bendungan Asahan 5 Bendungan Hilir Jakarta Pusat  phone 021-5703646 – 021-44661 email: newindonesiaonline@gmail.com http://newindonesiaonline.wordpress.com
    Copyright © 2013, @Indonesia Online – Informasi Edukasi Networking. All rights reserved
Tulisan ini dipublikasikan di Berita Internasional, Berita Terkini, Foto dan Peristiwa, Sejarah Dunia, Tokoh Dunia, Video Terbaik dan tag . Tandai permalink.

11 Balasan ke Video dan Foto Detik-Detik Terakhir Misteri Kematian Khadafi

  1. kanzunqalam berkata:

    perlu di chek kembali, kebenaran beritanya…

    kunjungi situs kami…

    Kumpulan 77 Ebook Islam dan Kristologi (Gratis)

    http://kanzunqalam.wordpress.com/2011/10/20/kumpulan-ebook-islam-dan-kristologi-gratis/

  2. MENONE berkata:

    semoga dengan tewasnya kadafi libya makin baik……..

    salam persahabatan selalu dr MENONE

  3. fendy berkata:

    sadizzzz,,,jgn main hakim sendiri donkkk……bgaimanpun undang undang dlm perang tak ada yg main hkim sendri……..ksih donk ksempatan dia hdup,, spaya dia bertanggund jwb pd ksalahn dimasa rezim nya dia

  4. Ping balik: Khadafi dan Pemimpin Tirani Otoriter Militer Dunia Lainnya | KORANDO – Koran Anak Indonesia

  5. indra berkata:

    masya allah,, bener2 binatang,, khadafi juga manusia

  6. A Nizami berkata:

    Terlepas dari segala kekurangannya, Gaddafi berhasil memakmurkan rakyat Libya dgn minyak dan gas yg dimiliki Libya. Pekerjaan dgn gaji tinggi dan juga biaya hidup yg rendah tersedia bukan hanya bagi rakyat Libya. Tapi juga bagi pekerja asing. Meski penduduk Libya hanya 6 juta jiwa, namun lebih dari 1,6 juta pekerja asing dari Mesir, Tunisia, Bangladeh, Thailand, Filipina, bahkan Perancis, Jerman, dan AS bekerja di sana.

    Libya termasuk satu negara termakmur di dunia mengalahkan Singapura, Selandia Baru, Spanyol, dsb. Listrik, Sekolah, dan Kesehatan gratis di sana.

    Khadafi menghabiskan lebih dari US$ 10 milyar guna membangun sungai buatan manusia terbesar (2800 km panjangnya) agar rakyat Libya tidak kekurangan air dan bisa bertani.

    http://kabarislam.wordpress.com/2011/10/21/muammar-khadafi-pemberontak-libya-dan-kafir-harbi-as-dan-nato/

  7. Rena berkata:

    inna lillahi wa inna ilaihi rooji’un..saya ikut berduka cita atas kematian beliau..

  8. Wali berkata:

    Innalilahi wainna ilaihi rajiu’n
    dasar rakyat libia binatang …
    Memper lakukan manusia sprti binatang …
    Anjeng kalian semua

  9. Masa berkata:

    Rasanya hati ikut bergetar ketika mendengar Kadhafi dibunuh, siapa lagi tokoh hebat seperti Dia yang berani melawan si amerika dan sekutunya .., apalagi melihat videonya .. Masya’AllaaH . . ternyata ada hati manusia yang mampu menyiksa seperti itu sambil Menyebut ………………..?
    Atau mungkinkah hal itu terjadi karena Kadhafi juga seorang penyiksa…
    Entahlah, Rasanya AllaH – Muhammad RosulullaaH tidak pernah mengajarkan kebiadaban seperti itu.

  10. Ikhwani,S.Pd,M.Si berkata:

    Assalamu ‘alaikum Wr Wb,”Inna lillaahi wa inna ilaihi raji’uun/sesungguhnya kami milik Allah dan kepadanya tempat kembali.” ,semoga arwah M Khadafi diampuni ALLAH SWT,sungguhpun ia lewat/lepas dari sidang Mahkamah Internas,namun “Alaisallaahu bi ahkamil haakimin “/bukankah Allah hakim yang se adil-adilnya?, akhirul kalam dari saya , mari kita ambil hikmah dibalik peristiwa ini al:
    1. -jika ada kesempatan jadi pimpinan semoga senantiasa pegang teguh amanah demi kepentingan rakyat umum.”Tiap-tiap kamu dalah pemimpin,kelak akan dimintai pertanggung jawaban atas apa yang dipimpinnya “(al Hadits)
    2.-Hendakya menjadi pemimpin yang adil,dan taqwa kepada Allah swt.bukan menurutkan “Hawa Nafsu “, karena dunia ini sementara.dan kita dilahirkaqn ke muka bumi ini untuk ibadah.”Wa maa khalaqtul jinna wal insa illa liya’buduuna”/Tidak Aku(Allah) ciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah/mengabdi kepadaKU (al Qur’an)
    3. – Kita tidak boleh usil terhadab orang lain (juga terhadap M Khadafi). karena kitapun akan berbuat yang “Sama” apabila berada dalam “Posisi yang Sama” (Dalle Carnagie ),wassalam dari *ikhwani-spd-msi*kc.pulaurakyat*kb asahan*prov sumut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s