Kemegahan Upacara Pembukaan Sea Games XXVI Yang Spektakular

Pesta Olahraga paling akbar bangsa-bangsa Asia Tenggara SEA Games XXVI dibuka oleh Presiden Indonesia Soesilo Bambang Yudhoyono di Kota Palembang Sumatra Selatan. Uniknya, momen penting ini dibuka bertepatan dengan tanggal 11 bulan 11 tahun 2011. Palembang menjadi kota pertama di luar Jakarta yang menjadi tuan rumah SEA Games di Tanah Air. Pembukaan pesta olahraga Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan membuka secara resmi pesta dua tahunan yang diikuti oleh 11 negara ASEAN ini. Pesta olahraga paling spektakular di Indonesia itu dilakukan di Gelora Bumi Sriwijaya, Jakabaring, Palembang.

Saat ini adalah peran tuan rumah yang ke empat kalinya setelah 1979, 1987 dan 1997. Kontingen Indonesia selalu menjadi juara umum saat menjadi rumah.

Dalam upacara megah yang menelan biaya 150 lilyar itu, dilantunkan lagu resmi SEA Games 2011, ‘Kita Bisa’ karya komposer Addie MS. Aktris terbaik Indonesia, Agnes Monica akan berkolaborasi dengan penyanyi Asia lainnya seperti artis Filipina, KC Conception dan penyanyi Malaysia, Jaclyn Victor.untuk memeriahkan upacara pembukaan itu. Artis penyanyi Indonesia lainnya Jay Tobing serta Judika jeha menggebrak pembukaan acara kolosal itu.

Parade defile atlet dari 11 negara peserta diwarnai mobil karnaval dengan menonjolkan simbol-simbol dari masing-masing negara.

Peraih medali emas Indonesia di Olimpiade 1992, Susy Susanti berpasangan dengan Alan Budi Kusuma mendapatkan kehormatan menyalakan api SEA Games 2011 di kaldron Stadion Gelora Bumi Sriwijaya, Palembang.  Empat pasangan mantan atlet senior Indonesia yang telah berprestasi dunia menjadi pembawa obor. Di anyaranya adalah pasangan Abbas Akbar (pencak silat)-Nurfitriyana (panahan), Hasan Basri (karate)-Merry Monim, Purnomo (atletik)-Nanik J Soewadji (renang) dan Alan Budikusuma (bulutangkis)-Yayuk Basuki (tenis) akan membawa obor secara estafet menuju kaldron. Olahrawagan senior lainnya seperti Robby Darwis (sepakbola), Richard Sam Bera (Renang), Pino Bahari (Tinju) dan Emma Tahapari (atletik) juga berpartisipasi mempin defile dengan membawa bendera.

Aacara kolosal ini didukung oleh 5.000 artis pendukung yang terdiri dari penari tradisional, penyanyi dan seniman asal Sumatera Selatan. Tema penampilan dalam upacara pembukaan adalah berkaitan dengan sejarah Palembang sampai Kerajaan Sriwijaya. Penampilan artistik mereka telah menggabungkan seni kontemporer Indonesia dan teknologi multimedia.

Meski harga tiket pembukaan SEA Games 2011 cukup mahal mulai Rp500 ribu hingga Rp2 juta.

Kemegahan upacara pembukaan SEA Games 2011 akan ditutup dengan penyalaan kembang api yang fantastis karya desainer dari New York, Amerika Serikat. Atraksi kembang api yang atraktif itu berlangsung selama 10 menit.

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Budaya Indonesia Terkini, Olahraga Modern-Prestasi dan tag . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Kemegahan Upacara Pembukaan Sea Games XXVI Yang Spektakular

  1. rio palembang ! berkata:

    maaf maaang nulis tuh bebener , palembang SUMATERA SELATAN BUKAN SUMATERA BARAT ,

    PALAK UWAK KAU !

    LOLO !

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s