Universitas Gunadarma, Universitas Swasta Terbaik Di Indonesia

Universitas Gunadarma, disingkat UG atau biasa disebut Gundar, adalah sebuah Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia. Kampus utamanya berada di Depok, Jawa Barat.  Menurut webometrics yang dirilis Pebruari 2012, Universitas Gunadarma masih tetap sebagai Perguruan Tinggi Swasta dengan peringkat terbaik di Indonesia. Sedangkan secara umum berada pada urutan nomor 8 di Indonesia.

Sejarah Gunadarma

Pada 7 Agustus 1981 berdiri Program Pendidikan Ilmu Komputer (PPIK) di Jakarta yang tiga tahun kemudian berubah menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Gunadarma. Enam tahun kemudian, tepatnya pada 13 Januari 1990, berdiri Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gunadarma (STIE Gunadarma). Pada tahun 1993, STMIK dan STIE membuka Program Magister dengan konsentrasi Manajemen Sistem Informasi untuk STMIK serta Magister Manajemen untuk STIE. Selanjutnya, melalui S.K. Dirjen DIKTI No.92/Kep/Dikti/1996 tertanggal 3 April 1996, STMIK dan STIE Gunadarma melebur menjadi UNIVERSITAS GUNADARMA bersama dengan empat fakultas baru yaitu Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Sastra. Membuka milenium baru, Universitas Gunadarma membuka Program Doktor Ilmu Ekonomi berdasarkan ijin Dirjen Dikti Departemen Pendidikan Republik Indonesia No. 55/DIKTI/2000 yang diikuti dengan pembukaan Program Doktor Teknologi Informasi berdasarkan ijin Dirjen Dikti Departemen Pendidikan Republik Indonesia No. 3716/P/T/2002.

Setelah melalui perjuangan panjang dalam menghadapi berbagai tantangan, Universitas Gunadama telah menjelma menjadi salah satu perguruan tinggi swasta yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi terkemuka di Indonesia. Pengalaman selama 25 tahun yang diiringi pengabdian dan dedikasi tenaga pengajar; komitmen yayasan dan pimpinan; pengadaan fasilitas pembelajaran serta kepercayaan masyarakat, Universitas Gunadarma terus berupaya menghasilkan lulusan yang berguna dan bisa mendarmabaktikan kompetensinya demi membangun masa depan bangsa yang lebih baik.

Gedung Kampus

Sebagian dari 20 ribuan mahasiswa UG masih menetap di rumah orang tua atau saudaranya di DKI Jakarta dan sekitarnya. Ketersediaan berbagai moda transportasi- termasuk berbagai jalur alternative menuju lokasi kampus, menjadikan setiap mahasiswa relative mudah untuk datang ke setiap lokasi kampus. Moda transportasi umum yang tersedia meliputi KA Jabotabek, Bus Transjakarta, Bis Umum, dan Angkutan Kota. Kampus Depok bisa dijangkau melalui jalan arteri utama Jakarta-Depok serta melalui Kereta Api dengan stasiun KA yang persis di belakang kampus Depok. Kampus di Bekasi bisa dijangkau melalui jalan arteri Jakarta Bekasi serta Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Kampus Simatupang yang persis di pinggir jalan tol, bisa diakses melalui jalan tol TB Simatupang.

Kampus Kegiatan perkuliahan Universitas Gunadarma dilaksanakan di 8 (delapan) Kampus, yaitu :

  • Kampus A di Jl. Kenari III No. 33 Jakarta Pusat
  • Kampus B di Jl. Salemba Bluntas Jakarta Pusat
  • Kampus C di Jl. Salemba Raya No. 53 Jakarta Pusat
  • Kampus D di Jl. Margonda Raya 100 – Depok
  • Kampus E di Jl. Akses Kelapa Dua, Cimanggis
  • Kampus G di Jl. Akses Kelapa Dua, Cimanggis
  • Kampus H di Jl. Akses Kelapa Dua, Cimanggis
  • Kampus J di Jl. KH. Noer Ali, Kalimalang, Bekasi

Di dalam kampus terdapat fasilitas-fasilitas yang meliputi ruang kuliah, perpustakaan, laboratorium, ruang seminar, auditorium, ruang senat, BPM, ruang rapat, ruang tunggu dosen, ruang konsultasi akademik, koperasi, ruang kerja pimpinan dan karyawan, musholah dan masjid, serta lapangan olahraga. Ruang Kuliah Universitas Gunadarma mempunyai 167 ruang kuliah :

  • 12 ruang di kampus A
  • 19 ruang di kampus B dan C
  • 18 ruang di kampus D
  • 55 ruang di kampus E
  • 39 ruang di kampus G
  • 24 ruang di kampus J

Untuk keperluan proses belajar mengajar ruang kuliah dilengkapi dengan peralatan yang sangat menunjang, diantaranya adalah: OHP, Tape Recorder, Pengeras Suara Sentral Sound System, Komputer Proyektor, Slide Proyektor dan lain-lain. Auditorium Auditorium Universitas Gunadarma terletak di kampus D – Depok dan kampus A – Kenari. Auditorium di kampus D terletak di gedung 4 lantai 6, dan auditorium ini dapat menampung kurang lebih 300 orang peserta. Auditorium di kampus A terletak di lantai 2 dan dapat menampung kurang lebih 100 orang peserta. Auditorium ini digunakan antara lain untuk kegiatan seminar baik untuk mahasiswa maupun dosen. Auditorium ini dilengkapi dengan satu buah layar besar di tengah dan juga 2 buah layar di sisi kanan kiri.

Kehidupan Kampus

Kehidupan di dalam dan di luar kampus yang nyaman, tentram, damai, dan aman serta dukungan fasilitas yang lengkap dan menyenangkan merupakan salah satu pertimbangan setiap orang untuk memasuki dunia perguruan tinggi. UG selalu berusaha untuk terus menciptakan suasana akademis yang kondusif serta hubungan dengan lingkungan yang harmonis. Suasana akademis yang kondusif di dalam kampus didasarkan pada hubungan antar civitas academica yang meliputi dosen, mahasiswa, dan lulusan. Hubungan tersebut tidak hanya berkaitan dengan proses belajar-mengajar di kelas saja, namun mencakup hubungan social di luar kelas yang bisa mendukung terciptanya suasana akademis yang kondusif. Interaksi dengan masyarakat sekitar juga dilandasi dengan saling ketergantungan yang positif, termasuk interaksi antara mahasiswa yang bermukim di sekitar kampus dengan masyarakat sekitar.

Keseimbangan antara kegiatan belajar dengan kehidupan mahasiswa sebagai anak muda dapat mempengaruhi kualitas kehidupan kampusnya. Sebagai anak muda, mahasiswa memerlukan kegiatan rekreasi dan olah raga, terutama pada saat di luar perkuliahan dan tugas-tugas akademik lainnya. Bahkan keberadaan komunitas mahasiswa itu sendiri bisa menjadi daya tarik untuk para pengelola fasilitas rekreasi dan olah raga. Fasilitas Rekreasi dan olah raga di sekitar Depok relatif banyak, diantaranya pusat perbelanjaan, toko buku, ruang bulu tangkis, lapangan futsal, dll, termasuk pusat-pusat jajan atau wisata kuliner di sepanjang Jalan Margonda. Khusus untuk Jalan Margonda- yang merupakan landmark kota Depok, toko atau warung makan serta gerai jajanan relatif tersedia 24 jam di sekitar kampus.

Populasi mahasiswa dan dosen yang relative besar serta mobilitas masing-masing yang tergolong tinggi, tidak mengurangi intenasitas pertukaran informasi atau komunikasi. Semua itu dimungkinkan dengan penyediaan sistem komunikasi yang berbasis pada teknologi informasi dan komunikasi. Pertukaran informasi dan komunikasi antar dosen bisa melalui digital locker yang dimiliki setiap mahasiswa UG (http://studentsite.gunadarma.ac.id/“>http://studentsite.gunadarma.ac.id) dan digital locker yang dimiliki setiap dosen (http://nustaffsite.gunadarma.ac.id/“>http://nustaffsite.gunadarma.ac.id). Antar mahasiswa atau antara dosen masing-masing juga bisa memanfaatkan fitur forum atau group discussion pada digital locker tersebut. Sistem komunikasi interaktif tersebut dilengkapi dengan fasilitas akses atau koneksi intranet dan internet yang sangat memadai. Di luar perkuliahan di kelas atau selama mahasiswa berada di lingkungan kampus, setiap mahasiswa bisa memanfaatkan fasilitas WiFi, koneksi internet di laboratorium, serta free-Internet Lounge yang berada di 3 lokasi kampus. Salah satu fasilitas terbaru adalah UG-Community yang merupakan media berbagai informasi, pengalaman, dan ilmu pengetahuan antar mahasiswa, dosen, dan alumni.

Kegiatan Kemahasiswaan

Kegiatan kemahasiswaan secara umum menfasilitasi minat dan kapasitas mahasiswa dalam hal pengembangan diri, kemampuan dan bakat, seni dan olah raga, serta kepedulian sosial. Kegiatan kemahasiswaan tersebut difasilitasi dan didukung penuh oleh Lembaga Kemahasiswaan sesuai dengan kebijakan atau pedoman yang telah ditetapkan. Kehidupan kemahasiswaan yang berkualitas tersebut tidak jarang menghasilkan karya mahasiswa yang memperoleh prestasi nasional dan internasional. Juara dunia merakit komputer, juara nasional paduan suara, juara overlocking atau programming, juara kontes robot, juara kontes pasar modal, merupakan beberapa contoh prestasi mahasiswa yang diawali dari keterlibatannya dalam Unit Kegiatan Mahasiswa.

Beberapa UKM di olah raga diantaranya catur, bridge, sepakbola, futsal, soft ball, volley ball, tenis meja, taekwondo, karate, silat, dan lain sebagainya. UKM bidang seni diantaranya paduan suara, teater dan fotografi. Beberapa contoh UKM di bidang ilmiah diataranya kelompok studi linux, web development, robot, ekonomi syariah, serta puisi dan sastra. Lembaga Kemahasiswaan beserta semua unit kegiatan mahasiswa tersebut diberikan fasilitas ruang perkantoran di kampus.

Kegiatan kemahasiswaan yang berkaitan dengan pengabdian masyarakat pun selalu dilaksanakan secara rutin dan berkelanjutan. Kegiatan tersebut diantaranta adalah bakti sosial, donor darah, pengerahan sukarelawan ke daerah bencana, partisipasi dalam mengatasi keluarga pra sejahtera, serta pengemdangan dan penerapan teknologi tepat guna untuk membangun pemukiman dan pedesaan. Kegiatan tersebut bisa bersifat local dan nasional, serta bekerja sama dengan lembaga atau organisasi eksternal terkait.

Kegiatan mahasiswa di dunia maya juga difasilitas melalui sarana UG Games Zone yang bisa diakses di http://game.gunadarma.ac.id/“>http://game.gunadarma.ac.id. Melalui situs ini berbagai perlombaan, diantaranya adalah cepat tepat online (http://quiz.gunadarma.ac.id/“>http://quiz.gunadarma.ac.id), catur online, quick blogging, dan quick design. Perlombaan online tersebut memanfaatkan fasilitas WiFi atau internet Lounge yang berada di masing-masing kampus

Provided By:

INDOLINE – Indonesia Online

Lebih baik memilih menyalakan lilin daripada mengutuk kegelapan. Majukan Indonesia Dengan inspirasi positif. “PUPUK MINAT BACA ANAK DAN REMAJA INDONESIA SEJAK DINI”. Membaca adalah investasi paling kokoh bagi masa depan perkembangan moral dan intelektual anak. “SELAMATKAN MINAT BACA ANAK INDONESIA”.

Editor In Chief : dr Widodo Judarwanto SpA. Grand Editor: Audi Yudhasmara. Editor: Sandiaz Yudhasmara, Betanandya AndikaAddress: Jl Taman Bendungan Asahan 5 Bendungan Hilir Jakarta Pusat  phone 021-5703646 – 021-44661 email: newindonesiaonline@gmail.com http://newindonesiaonline.wordpress.com
Copyright © 2013, @Indonesia Online – Informasi Edukasi Networking. All rights reserved
Tulisan ini dipublikasikan di Pendidikan Sekolah, Rekor Indonesia dan tag , . Tandai permalink.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s