Guru Spiritual Soeharto Ketika Jadi Presiden

Tidak hanya para selebritis yang mempunyai guru spiritual. Mantan Presiden Soeharto telah mengenal dunia klenik sejak masih muda. Keterikatannya dengan hal mistik itu terus berlanjut setelah berkenalan dengan Soedjono Hoemardhani. Saat itu Soedjono memeperkenalkan Rama Marta, yang kemudian menjadi guru spiritual atau guru kebatinan Jawanya.

Ketika Soeharto menjadi pemimpin RI, Soeharto menunjuk Soedjono sebagai staf pribadi. Kemudian menjadi asisten pribadi Soeharto, di bidang ekonomi, pada 1966â1974. Dalam Edisi Khusus Majalah Tempo, 10 Februari 2008, di artikel: Soedjono dan ‘Orde Dhawuh’, ditulis Soeharto menghapus posisi staf pribadi usai kerusuhan anti-Jepang, Malari. “Soedjono tidak memiliki jabatan penting,” tulis Majalah Tempo. “Tapi banyak yang menyebut, pada saat itulah Soedjono aktif mendukung Soeharto secara spiritual.”

Kala kesibukan Soeharto meningkat, hingga tak sempat melakukan ritual klenik, Soedjonolah yang melakoninya. Ia juga memantau perkembangan sosial-politik Indonesia secara gaib. “Semua itu dilakukan melalui bantuan guru-guru laku Jawa yang dikenal Soedjono selama bergaul dengan Soeharto,” kata Dr Budyapradipta, pakar sastra Jawa Universitas Indonesia.

Budyapradipta sendiri pernah menjadi sekretaris pribadi Soedjono Hoemardani pada 1983â1986. Dan ia mendengar kisah ini, langsung dari Soedjono. “Soedjono dikenal menyukai dunia kebatinan Jawa. Keduanya menemukan kecocokan.”

Provided By:

INDOLINE – Indonesia Online

Lebih baik memilih menyalakan lilin daripada mengutuk kegelapan. Majukan Indonesia Dengan inspirasi positif. “PUPUK MINAT BACA ANAK DAN REMAJA INDONESIA SEJAK DINI”. Membaca adalah investasi paling kokoh bagi masa depan perkembangan moral dan intelektual anak. “SELAMATKAN MINAT BACA ANAK INDONESIA”.

Editor In Chief : dr Widodo Judarwanto SpA. Grand Editor: Audi Yudhasmara. Editor: Sandiaz Yudhasmara, Betanandya AndikaAddress: Jl Taman Bendungan Asahan 5 Bendungan Hilir Jakarta Pusat  phone 021-5703646 – 021-44661 email: newindonesiaonline@gmail.com http://newindonesiaonline.wordpress.com
Copyright © 2013, @Indonesia Online – Informasi Edukasi Networking. All rights reserved
About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Misteri-Ghaib, Tokoh Indonesia, Tokoh Selebritis Indonesia dan tag . Tandai permalink.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s